Etika Sebagai Penumpang Kereta Api

17 comments

 

Kereta Api  masih menjadi moda transportasi favorit saat aktivitas sehari-hari bahkan untuk bepergian dan atau mudik.  Kenyamanan dan juga waktu tempuh yang lebih cepat membuat  penumpang  memilih transportasi massal ini menuju tujuan yang dituju para penumpang.

 

Etika Sebagai Penumpang Kereta Api

Kali ini, Jelajah Mia mau berbagi tentang etika sebagai penumpang kereta api, agar penumpang lain aman dan nyaman, apa saja? Simak hingga akhir,ya !

 

Kondisi Kereta Api Saat Ini

Apalagi saat ini PT KAI dari segi pelayanan sudah jauh lebih baik dan memberi kenyamanan bagi para penumpangnya. Bahkan dari segi beli tiket sekalipun sudah dengan akses digital.

 

Untuk meningkatkan  pelayanan, PT KAI telah meningkatkan prosedur keamanan berlapis bagi penumpang. Mulai dari beli tiket KAI, hingga penumpang tiba di pemberhentian terakhir. 

 

Etika Sebagai Penumpang Kereta Api

Untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan selama menggunakan moda transportasi Kereta Api, berikut beberapa etika yang sebaiknya kita ikuti sebelum naik kereta.

 

Jangan Bawa Hewan Kesayangan

Secinta dan sayangnya kamu terhadap anjing atau kucing peliharaanmu, sebaiknya biarkan saja dia di rumah ketika kamu ingin melakukan perjalanan dengan tiket KAI. Tidak semua orang nyaman berada segerbong dengan anjing atau kucing yang berbulu halus sekalipun. Bisa jadi penumpang lain akan terganggu dengan suara dan bau kotoran yang mungkin dikeluarkan selama perjalanan.

 

Apalagi kalau hewan kesayanganmu tidak biasa, misalnya seperti laba-laba ataupun ular sanca. Meski kamu beli tiket KAI secara sah, kalau menimbulkan rasa tidak nyaman dari penumpang lainnya, kamu juga terancam diturunkan di stasiun selanjutnya.

 

Apalagi saat memasuki boarding sekalipun sudah ada himbauan untuk tidak membaca hewan kesayanga, jadi jangan coba-coba mencari cara menyelipkan dan menyelundupkan hewan kesayanganmu ya sobat!

 

Mulutmu Harimaumu

Biarpun kamu bicara atas nama canda dengan teman sebangku, ada baiknya direm dulu agar tidak membuat resah penumpang yang satu gerbong denganmu.

 

Bahkan dari sekadar celetukan mulut yang iseng menyebut tentang bom pun bisa membuatmu diproses di kepolisian untuk waktu yang sangat lama. Mulutmu harimaumu, menentukan sampai mana perjalananmu dengan tiket KAI di tanganmu.

 

Apalagi setelah mulut bisa dijaga, lalu mengeluh di sosial media. Jadi pastikan mulut offline dan online semua dipastikan dijaga dengan sangat baik. Lebih baik berbagi keseruan saat naik kereta api bukan?

 

Gunakan Headset dan Minimalkan Keributan

Kecuali kamu berada di gerbong yang disewa untuk rombongan dengan tiket KAI, sebaiknya jaga tata krama untuk kenyamanan bersama. Mulai dari membiasakan memakai headset saat mendengar musik atau menonton film dari gadget, atau biasakan untuk mengatur volume mulut saat sedang berbincang dengan teman sebelah.

 

Meminimalkan keributan tidak perlu dapat membantu teman segerbong melakukan perjalanan dengan penuh kenyamanan sampai tempat tujuan. Mana tahu malah mendapat teman baru saat kita dalam perjalanan bukan?

 

Penutup

Gampang loh mengikuti aturan dan memahami etika penumpang yang naik kereta api itu. Segampang kamu bisa membeli tiket KAI lewat aplikasi, yang penting pahami juga tingkat kenyamanan yang ingin kamu dapat saat naik kereta api.

 

Bagaimana perasaan sobat Jelajah Mia saat melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api?


Related Posts

17 comments

  1. Setahuku memang ada aturannya ya kalo naik moda transportasi umum itu tidak boleh bawa hewan piaraan. Dan selama ini aku juga belum pernah ketemu penumpang yang bawa kereta. Yang pernah tuh dulu pas naik bis, ada yang bawa ayam jago, pengen marah rasanya :")

    Aku juga setuju mbak, kereta api tuh salah satu transportasi umum ternyaman terutama untuk jarak jauh. Aku juga suka naik kereta api kalo mudik hehe..

    ReplyDelete
  2. Bener mbaa sekarang lebih nyaman naik kereta apa, apalagi ada kereta listrik juga. KAI semakin berbenah dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Tinggal dari segi penumpang yang mendukung kenyamanan tersebut. Ingat bukan kita aja yang naik kereta, tapi ada ratusan orang yang juga memiliki hak yang sama. Jadi, jaga terus etikanya ya.

    ReplyDelete
  3. Mbak, aku nggak bisa naik deh, bila beneran naik kereta dan satu gerbong itu ada yang bawa anjing, konyol sih. sejauh ini, kalau pada naik kereta emang gak boleh bawa binatang peliharaan

    ReplyDelete
  4. Iya bener mba kereta api itu moda transportasi darat yg paling enak, nyaman. Selama naik kereta api untungnya ngga pernah segerbong sama penumpang resek. Alhamdulillah semua pada taat aturan.

    ReplyDelete
  5. Saat ini KAI semakin meningkatkan pelayanan demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Sepertinya memang ads peraturan tidak boleh bawa hewan peliharaan saat naik KA.

    ReplyDelete
  6. Baru saja awal liburan kemari aku dan dua bocil naik kereta api ke Bandung. Alhamdulillah aman terkendali. Mereka duduk manis dan tidak membuat keributan. Ini baru jarak dekat, mudah-mudahan kalau jarak jauh pun sama kondusifnya.

    ReplyDelete
  7. Kereta api merupakan moda transportasi umum yang nyaman untuk kiddos menurut saya. Selain anak-anak memang suka dengan kereta api, ada space sedikit untuk bergerak jika anak-anak lelah atau bosa duduk selama perjalanan dibanding moda transportasi umum lainnya

    ReplyDelete
  8. kapan donk Batam punya KRL, kalau mau naik KRL or MRT harus ke negara tetangga dulu wkwk, disitulah anak-anakku belajar cara naik KRL. Nah satu yang harus diperhatikan adalah adab dalam KRL, kalau di kita masih lazim ya, dalam kereta suara cekikikan. Kalau di luar, bakalan dipelototin satu gerbong wkwk. Kayaknya perlu direminder terus adabnya nih bu guru.

    ReplyDelete
  9. Seriiing banget sliweran di sosmed 'drama-drama' yang ada di kereta api. Semoga para penumpang kereta api lebih menerapkan etika naik kendaraan umum, ya. Karena yang namanya kendaraan umum kan bukan diri sendiri aja yang naik ya.

    ReplyDelete
  10. mulut online dan offline?? haha ada-ada aja mbak istilahnya...kayaknya jaman now yang perlu diwaspadai aktivitas mulut online ya...eh tiba-tiba motret or shoot candid trus diupload ke sosmed, dikomentarin. ga suka banget yang model gini. terakhir naik KAI 2 bulan lalu aku hanya merasa nyaman ngobrol offline sama nenek sepuh. yang muda-muda khusyuk online rata-rata

    ReplyDelete
  11. Mbak kalau bawa semacam ikan atau hamster pakai kandang itu apakah boleh ya?

    ReplyDelete
  12. Jarang banget naik kereta api, soalnya tempatku nggak ada kereta api haha..lupa kapan terakhir kali naik kereta api. Tapi, memang di moda transportasi umum tuh kita harus saling menghormati privasi orang lain ya, agar sama-sama nyaman menggunakannya.

    ReplyDelete
  13. Merasakan banget pelayanan dan sarana kereta api sekarang yang jauh lebih bagus dibandingkan yang dulu-dulu pas awal tahun 2000-an. Yang harus juga ditingkatkan selain pelayanan keretanya adalah attitude kita sebagai penumpang, biar memberikan kenyamanan pada semua dalam perjalanan, ya

    ReplyDelete
  14. Menggunakan layanan kereta api sejak terjadinya banyak perbaikan pelayanan menjadi pilihan utama bagi saya. Selama bisa dijangkau dari stasiun dengan mudah maka akan pilih naik kereta. Tapi kadang ada aja yang nyanyi-nyanyi di kereta, canda di kereta, padahal di sebelahnya sednag istirahat

    ReplyDelete
  15. sy dulu naik kereta dari jaman belum ada aturan gerbong khusus untuk penumpang spesial sampe sudah ada, dan beberapa kali mengalami hal tak terduga hehe apalagi kereta jarak jauh, ceritanya lebih seru hehe

    ReplyDelete
  16. Sepakat sih, naik kereta api jauh lebih nyaman dan cepat dibanding moda transportasi darat lainnya. Yang masih jadi catatan sih kalau naik KRL. Makin banyak yang cuek untuk memberikan tempat duduk bagi penumpang prioritas. Padahal sudah ada imbauan. Harus ditegur dulu sama petugas baru mau ngalah.

    ReplyDelete
  17. Saya termasuk pengguna KAI baik jarak jauh maupun jarak dekat. Kalau di KRL mungkin masih ditolelir ya karena jarak dekat² dan rame juga kan. Tapi kalau di kereta jarak jauh ampun mengganggu banget deh jika ada yang berisik² kan kita juga mau istirahat pengen tidur gitu lhoo...

    ReplyDelete

Post a Comment