Rekomendasi Bacaan Cerita Rakyat

14 comments

 

Masih ingat dengan cerita Malin Kundang? Sangkuriang? Atau cerita rakyat lainnya yang populer di daerah masing-masing?

 

Masih banyak loh ternyata cerita rakyat lainnya dari semua wilayah di Indonesia. Kali ini Jelajah Mia mau berbagi 4 cerita rakyat yang Jelajah Mia baca di bulan Juli. Apa saja? Simak ceritanya hingga akhir!

 

Rekomendasi Bacaan Cerita Rakyat Indonesia

Cerita Rakyat

Cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau. Cerita rakyat diwariskan atau disebarluaskan secara lisan, dari mulut ke mulut dan secara turun menurun.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, cerita rakyat adalah cerita dari zaman dahulu yang hidup di kalangan rakyat dan diwariskan secara lisan.

 

Seperti diketahui, Indonesia dikenal memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak. Suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat Indonesia adalah kekayaan yang harus kita lestarikan. Satu di antara budaya Indonesia adalah cerita rakyat

 

Pada umumnya, teks cerita rakyat menceritakan mengenai suatu kejadian pada suatu tempat atau asal-usul suatu tempat. Tokoh-tokoh yang berada dalam cerita rakyat biasanya diwujudkan dalam bentuk manusia, dewa, dan binatang.

 

Rekomendasi Bacaan Cerita Rakyat

Berikut ini 4 cerita rakyat yang Jelajah Mia baca selama bulan Juli. Mari sekalian kita jalan-jalan online juga, yuk!

 

1. Legenda Danau Lipan - Kalimantan Timur

Legenda Danau Lipan merupakan cerita rakyat dari Kalimantan Timur. Cerita rakyat ini tentang asal-usul Danau Lipan.

 

Legenda Danau Lipan Kalimantan Timur

Di Muara Kaman, hiduplah seorang putri menawan bernama Putri Aji. Kecantikan Putri terkenal sampai ke mancanegara. Banyak lelaki ingin melamarnya.

 

Suatu hari, Raja Tiongkok pun datang bersama bala tentaranya. Dia berniat untuk melamar putri impiannya. Apakah niat baik Raja Tiongkok diterima oleh sang Putri?

 

2. To Dilaling - Sulawesi Barat

Cerita To Dilaling berasal dari Sulawesi Barat. Cerita ini mengisahkan Kerajaan Balanipa yang dipimpin oleh seorang raja bernama Balanipa yang adil dan bijakasana kepada rakyatnya. Namun, raja Balanipa ingin memerintah seumur hidupnya di kerajaan, maka dari itu ia selalu membuang bayi laki lakinya.

 

To Dilaling - Sulawesi Barat

Berbeda dengan dua bayi laki laki sebelumnya, bayi ketiga permaisuri disembunyikan oleh Panglima Mosso di Pulau Salemo. Bayi itu tumbuh dengan baik dan menjadi panglima di Kerajaan Goa diberi nama I Menyambungi

 

Dia dijuluki sebagai Panglima To Dilaling dan dialah yang membantu melawan Raja Lego yang bengis dan jahat di Kerajaan Balanipa menggantikan ayahnya yang sudah meninggal. Apakah I Manyambungi yang sudah menjadi panglima To Dilaling berhasil merebut kembali kerajaan Balanipa?

 

3. Si Pahit Lidah - Sumatera Barat

Si Pahit Lidah merupakan judul sebuah cerita rakyat yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan. Julukan Si Pahit Lidah diberikan kepada Pangeran Serunting yang memiliki kesaktian yang tak terkalahkan.

 

Si Pahit Lidah - Sumatera Barat

Si Pahit lidah adalah julukan untuk Serunting, seorang pangeran yang berasal dari Sumatera Selatan. Ia terkenal memiliki kesaktian yang tinggi, namun ternyata kesaktiannya bisa dikalahkan oleh adik iparnya, Aria Tebing.

 

Keduanya bertikai memperebutkan cendawan emas yang tumbuh di perbatasan ladang mereka. Bagaimana cara Aria Tebing mengalahkan Serunting yang sakti itu? Lalu, mengapa Pangeran Serunting dijuluki Si Pahit Lidah?

 

4. Limonu Si Perkasa - Gorontalo

Ayah dan kakak Limonu sudah meninggal saat ia masih kecil. Ibunya yang bernama Ohohiya membesarkan Limonu seorang diri sehingga ia tumbuh menjadi seorang pemuda yang perkasa.

 

Limonu Si Perkasa Gorontalo

Ibunya berusaha menutupi kematian dari ayah dan kakak Limonu, hingga akhirnya terungkap alasan sebenarnya. Limonu bertekad untuk membalas dendam atas kematian Ayah dan kakaknya. Namun, betapa terkejutnya dia ketika tahu siapa yang menyebabkan kematian mereka.

 

Dia adalah Hemuto, guru Limonu sendiri! Apa yang akan Limonu lakukan? Dan, bagaimana Hemuto menanggapi tekad Limonu?

 

Kali ini diajak jalan-jalan online ke provinsi Gorontalo. Namanya sebuah cerita rakyat pasti tak lepas dari pelajaran baik yang bisa kita ambil. Pelajaran baik apa yang bisa kamu ambil dari Kisah Limonu?

 

Penutup

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai cerita rakyat yang berbeda dan menarik. Kondisi tersebut yang mendasari mengapa cerita rakyat selalu dikenalkan sejak dini pada anak-anak.

 

Itulah mengapa, penting sebagai generasi berikutnya untuk terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia melalui cerita rakyat ini. Apa cerita rakyat favorit Jelajah Mia? Buat jadi referensi bacaan berikutnya, nih!


Related Posts

14 comments

  1. Paling suka kalau mendengar cerita rakyat alias dongeng khusunya berbahasa Sunda secara saya kan keturunan Sunda. Biasanya di group Facebook juga ada banyak penulis yg upload dongeng sampai tamat. Saya selalu membacanya.

    Sekarang banyak nih rekomendasi cerita rakyat dari berbagai daerah senang banget saya nih pastinya
    Jadinembah ilmu dan wawasan ya...

    ReplyDelete
  2. Wow...cerita rakyat ini aku belum pernah tahu sebelumnya loh. Kemana aja aku selama ini? Kami dulu suka ngumpulin tuh cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah. Pesan moralnya suka bagus-bagus.
    Cerita rakyat suka dikaitkan dengan legenda setempat yah...
    Malah ada yg jadi objek wisata.

    ReplyDelete
  3. Ihh pada lucu semuaa dan kayaknya aku belum pernah baca semua soal itu, mungkin pernah tahu tapi judulnya lupa wkwkw. bisa nih buat rekomendasi buku bacaan buat anak2 di rumah

    ReplyDelete
  4. Aku baru membaca cerita rakyat dari keempat daerah di Indonesia yang Teh Mia ceritakan ini. Saking banyaknya suku di negara kita, jadi banyak pula cerita rakyatnya.

    ReplyDelete
  5. Wah bukunya menarik ini
    Bisa jadi salah satu cara untuk mengenalkan cerita rakyat ke anak anak ya

    ReplyDelete
  6. Kalau bisa generasi Alpha zaman now diajarkan untuk mengenal cerita rakyat ya mbak. agar tidak lupa juga mengenal Budaya sendiri. Daripada sibuk bermain gadget, mending untuk mengenal cerita rakyat

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat suka baca buku dulu di perpustakaan sekolah. Jadi banyak hal yang kita baca tentang budaya rakyat

    ReplyDelete
  8. sudah lama banget gak baca cerita rakyat lagi, baca ini jadi nostalgia deh..dulu suka banget cerita malin kundang atau bondowoso...tapi cerita-cerita ini baru baca juga, bagus nih diperbaharui lagi sama penerbit BIP

    ReplyDelete
  9. Baru tau loh keempat kisah di atas itu. Selama ini lebih banyak tau ttg legenda yg di Jawa. Menarik niiih jika bisa menceritakannya kepada buah hati yaaa... Jadi mereka tau kebudayaan negeri sendiri.

    ReplyDelete
  10. Apakah anak2 jaman sekarang familiar dengan cerita rakyat ini tidak ya? Meskipun ceritanya terkadang 'aneh' sebetulnya banyak pelajaran yang bisa diambil seperti nila-nilai lokal, pelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  11. Bersyukur jadi orang Indonesia yang punya banyak kekayaan budaya di setiap daerahnya yang berimplikasi pada kayanya cerita atau dongeng yang berkembang di setiap wilayah tersebut

    ReplyDelete
  12. Cerita rakyat mengajarkan banyak hal, terutama kebijaksanaan bagi pembacanya. Meski sering mendengar kisahnya, selalu saja ada yang istimewa ketika ada yang mengulasnya.

    ReplyDelete
  13. Yang sudah pernah ku baca adalah cerita si pahit lidah ini, karena berasal dari daerahku sendiri haha. Kalau baca cerita rakyat Gini, pakai apk apa Kak?

    ReplyDelete
  14. Referensiku baru sedikit nih untuk cerita rakyat, sementara baru Cindelaras yang aku suka ceritanya kalau yang disebutkan kakak di atas aku malah belum pernah baca

    ReplyDelete

Post a Comment