5 Rekomendasi Novel Teenlit

5 comments

 

Dunia remaja juga dimeriahkan dengan percintaan, umumnya dengan teman-teman sebaya mereka, seperti menaksir lawan jenis, jatuh cinta, patah hati, sampai pada kenakalan remaja adalah gambaran umumnya pada sebuah teenlit.

 

Kali ini Jelajah Mia akan memberikan rekomendasi novel teenlit untuk bahan bacaan sobat Jelajah Mia. Apa saja? Simak hingga akhir ya artikelnya!

 

5 Rekomendasi Novel Teenlit

Sebelumnya sudah memberikan rekomendasi cerita rakyat dan sedikit mendongeng sudah berhasil membaca 29 buku di bulan Juli. Jadi terpikir, mau membagi beberapa bagian rekomendasi buku berdasarkan genre atau temanya di beberapa bagian. Saat ini, Jelajah Mia akan memberikan rekomendasi novel teenlit

 

Apa itu Teenlit

Tentu masih banyak yang belum memahami apa itu teenlit. Merangkum dari berbagai sumber yang Jelajah Mia baca dapat disimpulkan bahwa Teenlit merupakan genre yang dirancang untuk remaja dan muda dewasa. Teenlit adalah singkatan dari Teen Literature.

 

Cerita dalam teenlit seputar pengalaman dan kehidupan sehari-hari remaja, seperti pertemanan, cinta, keluarga, sekolah, dan konflik internal. Sebagian besar karakter dalam teenlit adalah remaja, dan cerita biasanya dipandang melalui sudut pandang remaja.

 

Cerita teenlit juga sering memasukkan tema-tema yang lebih dalam seperti cinta, persahabatan, dan identitas diri. Ciri khas dari teenlit adalah penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan remaja, serta fokus pada masalah dan perjuangan yang spesifik untuk remaja.

 

Karakter dalam teenlit biasanya digambarkan sebagai remaja yang sedang tumbuh dan belajar seringkali menghadapi situasi menantang dalam kehidupan mereka. Hal ini membuat teenlit menjadi genre yang populer di kalangan remaja, karena mereka relate dengan kehidupan sehari-hari.

 

Ketika sudah dipaparkan tentang apa itu teenlit, sekarang Jelajah Mia mau kasih 5 rekomendasi novel teenlit yang sudah dibaca selama bulan Juli kemarin. Apa saja?

 

Summer Sky -  Stephanie Zen

Summer Sky Azalea, ceritanya sedang patah hati setelah diputusin sepihak sama mantan pacarnya, Alex Rahadian, yang udah menjalin hubungan pacaran selama enam tahun.

 

Novel Summer Sky

Keputusan sepihak itu diambil Alex karena dia harus melanjutkan studi magisternya di Jerman dan dia nggak mau menjalani hubungan jarak jauh yang di kemudian hari akan membuat mereka berdua bertengkar dan akhirnya putus.

 

 Dengan kata lain, Alex mikirnya "lebih baik sakit hati sekarang daripada nanti". Setelah putus dari Alex, Sky menghibur diri dengan ikut liburan sama Mamanya supaya bisa cepat mau move on dan melupakan Alex.

 

Tanpa Sky sangka liburan tersebut lantas mempertemukannya dengan Jordan Elwandi, pria yang dijodoh-jodohkan sang mama kepadanya. Apakah proyek perjodohan ini berhasil? Atau Sky luluh ketika Alex mengajak balikan?

 

Honeymoon Express - Mia Arsjad

Shera si gadia romantis, segala  hal-hal berbau romantis, bahkan punya jurnal yang isinya tempat-tempat romantis untuk honeymoon. Shera punyagebetann pas masih kuliah, namanya Alva.

 

Novel Honeymoon Express

Tapi itu cinta terpendam atau istilah zaman sekarang disebut crush , yang tidak pernah ddisampaikan ke Alva, bahkan sampai Alva pindah kuliah ke Australia.

 

Lama mereka tak bertemu, Shera dan Alva ketemu dipernikahan Raymen, mantannya Shera. Shera merasa pertemuan tidak disengaja ini adalah jawaban untuk kisah cintanya dan Alva.

 

Harapan Shera luntur seketika ketika Alva meminta bantuan Honeymoon Express, bisnis honeymoon travel milik Shera untuk bulan madunya Alva dan calon istrinya.

 

Walau begitu, Shera berusaha profesional untuk membantu Alva dan calon istrinya, Shera menemukan keganjilan-keganjilan dari Alva. Ternyata proyek bulan madu Alva bukan proyek biasa! Apakah itu?

 

Listen To Me - Christina Juzwar

Cerita dua remaja, Christian dan Janaya, yang terjerat dalam sebuah tugas yang tidak biasa. Berkisah tentang seorang Christian yang bandel penuh trauma masa lalu, dihukum untuk datang ke rumah kepsek, menemani keponakannya, Janaya seorang perempuan buta.

 

Novel Listen To Me

Kurun waktu dua bulan, berhasil menumbuhkan benih-benih cinta diantara keduanya. Christian, bandel nan tengil, berubah menjadi kalem suka membaca karena Janaya.

 

Deuce! - Netty Virgiantini

Novel yang bercerita tentang cewek bernama Namira yang bekerja sebagai pemungut bola di lapangan tenis. Namira bekerja di sela-sela waktunya sebagai siswi SMA di kotanya. ia melakukan pekerjaan itu untuk meringankan beban ayahnya setelah kepergian sang ibu.

 

Novel Deuce!

Di lapangan tenis Namira bertemu dengan cowok yang menjadi pemain tenis bernama Kafi. Ternyata Kafi adalah anak dari pemilik lapangan. pada hari pertama Namira bekerja ia sudah di buat terdiam dengan bentakan Kafi yang membuatnya akan terdiam tiap berhadapan dengan cowok itu.

 

Di sekolahnya,  Namira mempunyai ketua kelas yang tidak kalah anehnya. Aksan selalu saja bisa menemukannya ketika ia berniat membolos kelas olahraga. Lalu kemunculan guru olahraga baru sekaligus menjadi wali kelas baru mereka.

 

Konflik cinta segitiga ala remaja sekali, dimana Namira akhirnya terjebak dengan dua cowok tersebut. Kepada siapakah Namira jatuhkan hati? Kafi atau Aksan?

 

Start Again - Seplia

Kisah dimulai ketika Lis bertemu kembali dengan Darren. Pria yang pernah meninggalkannya untuk mengejar impiannya sebagai pelukis. Pertemuan kedua ini, Darren kembali memberikan perhatian yang membuat harapan Lis tumbuh. Hal ini membuat Lis gundah, apakah Darren ingin kembali padanya?

 

Novel Start Again

Setahun berlalu tidak ada tanda-tanda Darren akan menyatakan cintanya. Tapi perhatiannya tetap sama. Didorong oleh teman-temannya, Lis ingin memastikan hubungannya dengan Darren. Hanya saja dia menunggu waktu yang tepat.

 

Sambil menunggu, Lis dipertemukan dengan banyak orang baru yang membuatnya semakin yakin harus memastikan posisinya di mata Darren. Bagaimana akhir dari kisah Lis?

 

Penutup

Gimana dari 5 rekomendasi novel, manakah yang sobat Jelajah Mia akan baca? Atau sobat Jelajah Mia mau rekomendasi novel teenlit lainnya, sini mari kasih rekomendasi novel sebanyak-banyaknya


Related Posts

5 comments

  1. Dari jejak masa lalu...hanya beberapa novel teenlit yang pernah saya baca. Biasanya ceritanya sederhana dan muah dimengerti ya. Semoga semakin banyak teenlit yang berisi inpirasi dan motivasi bagi remaja

    ReplyDelete
  2. Dulu pas SMP senang beli dan baca buku teenlit. Merasa relate dan jadi bersemangat. Udah lama banget nggak baca teenlit, apa sekarang masih relate ya, wkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Novel teenlit dulu sering beli dan baca, jaman masih sekolah. Sekarang udah emak-emak bacaannya lain lagi kak. Tapi dari review novel2 di atas, ceritanya kayaknya menarik ya.

    ReplyDelete
  4. Dari kelima novel teenlit ini, belum ada satu pun yang kubaca. Yang paling menarik perhatianku adalah Honeymoon Express. Suka, deh, kalau sudah dibuat penasaran.

    ReplyDelete
  5. Sampai saat ini aku juga masih suka baca teenlit lo. Btw dari rekomendasi yang disebutkan apakah semuanya ada di Ipunas? Mau cari yanh di ipunas aja dulu dan baca koleksinya
    Hehe cari yang gratis dulu

    ReplyDelete

Post a Comment