Rekomendasi Novel Goosebumps

20 comments

 

Siapakah disini yang masa kecil atau remajanya baca novel goosebumps? Sini yang suka baca atau penasaran bagaimana kisahnya, mari merapat kesini!

 

Masih dalam edisi memberikan rekomendasi bacaan setelah jelajah mia berhasil membaca buku yang lumayan banyak dibulan Juli. Kali ini mau bahas novel goosebumps yang jelajah mia baca selama bulan Juli.

 

Rekomendasi Novel Goosebumps

Sebelum membahas sinopsis novel goosebumps, sobat jelajah mia mau diajak dulu buat mengenal novel goosebumps dan penulisnya.

 

Mengenal Goosebumps dan R.L.Stine

Robert Lawrence Stine, pengarang buku anak-anak dan remaja terlaris sepanjang sejarah, dilahirkan di Columbus, Ohio. Stine pindah ke New York City, Amerika Serikat setelah lulus dari Ohio State University dan menjadi editor di beberapa majalah.

 

Pada tahun 1986, ia menulis novel horor pertamanya untuk pembaca dewasa, Blind Date. Stine kemudian menciptakan seri Goosebumps, Nightmare Room, dan Fear Street.

 

Antara tahun 1994 dan 1997, ia meraih gelar penulis terlaris Amerika selama tiga tahun berturut-turut. Novel-novelnya selalu disukai oleh para penggemar setianya, dengan seri Fear Street menjadi novel terlaris pada masanya dengan penjualan 80 juta eksemplar.

 

Berdasarkan sumber yang jelajah mia baca, hingga tahun 2008, buku-buku Stine telah terjual lebih dari 400 juta eksemplar. Goosebumps.

 

Ciri Khas Novel Goosebumps

Goosebumps terbilang bukan serial dengan cerita yang berkelanjutan. Masing-masing buku biasanya mengisahkan petualangan horor yang berbeda, namun masih mengikuti satu pola besar yang sama.

 

Pola besar dari Goosebumps itu adalah mengikuti kisah seorang atau sekelompok anak-anak atau remaja, yang kemudian terjebak dalam situasi yang menakutkan.

 

Biasanya, situasi menakutkan itu berkaitan dengan monster atau hal gaib lainnya. Uniknya, beberapa karakter monster kerap muncul dalam berbagai cerita.

 

Goosebumps juga telah diadaptasi menjadi dua film, yaitu pada 2015 yang dibintangi oleh Jack Black dan dilanjutkan oleh sekuelnya, Goosebumps 2: Haunted Halloween pada 2018.

 

Goosebumps : Si Boneka Hidup Beraksi

Kris Powell dan Lindy Powell adalah saudara kembar yang terlalu banyak kemiripan, sampai orang sekitar pun sulit membedakan mereka. Sifatnya pun hampir mirip, mereka berdua sama-sama suka bersaing dan selama ini Lindy selalu lebih unggul dari Kris.

 

Goosebumps : Boneka Hidup Beraksi

Sampai suatu ketika, Lindy menemukan boneka ventriloquis di tempat sampah. Lindy sangat senang menemukan boneka tersebut lalu ia berikan nama Slappy. Lindy pun sangat bersemangat untuk belajar menjadi ventriloquis yang ahli.

 

Perjuangan Lindy tidaklah sia-sia, semua orang yang melihat penampilannya bersama Slappy pasti memujinya berbakat bermain ventriloquis. Saking berbakatnya, Lindy mendapat tawaran untuk tampil di sebuah acara tv.

 

Kris melihat kesuksesan Lindy tentulah merasa iri. Ia merengek meminta boneka yang serupa pada ayahnya. Hal tersebut membuat Lindy begitu sebal pada Kris karena lagi-lagi Kris meniru hobinya.

 

Setelah mendapatkan boneka tersebut dari ayahnya, Kris mulai belajar giat. Hasilnya tidak begitu bagus, jelas sekali ia tidak berbakat.

 

Seiring berjalannya waktu, ada keanehan yang terjadi pada boneka barunya. Sampai suatu hari Kris menemukan boneka barunya sedang mencekik Slappy, boneka Lindy. Kris tau kalau bonekanya bukan boneka biasa.

 

Goosebumps : Tetangga Hantu

Saat itu musim panas dan Hannah merasa bosan. Ia menghabiskan sepanjang hari untuk menjaga dua saudara kembarnya dan menulis surat kepada temannya di perkemahan.

 

Goosebumps : Tetangga Hantu

Musim panasnya berubah menjadi petualangan ketika ia bertemu Danny, anak tetangga. Satu-satunya hal yang membuatnya yakin Danny adalah hantu adalah Danny.

 

Danny mengatakan bahwa ia sudah tinggal di sana selama beberapa waktu, tetapi Hannah mengendarai sepedanya melewati halaman belakang rumah tempo hari dan tidak ada keluarga di sana.

 

Hannah harus membuktikannya. Danny, entah ia hantu atau bukan, sedang bergaul dengan sekelompok anak-anak yang menghantui tukang pos setempat.

 

Hannah mencoba menghentikan mereka, tetapi ia tampaknya dihantui oleh makhluk bayangan.

 

Goosebumps : Misteri Manusia Salju

Cerita dimulai dengan kegundahan kakak beradik Jordan dan Nicole Blake sudah muak dengan cuaca panas di Pasadena. Seumur hidup mereka belum pernah merasakan musim dingin.

 

Goosebumps : Misteri Manusia Salju

Oleh karena itu mereka sangat ingin, sekali saja, bisa merasakan musim dingin. Tentu musim dingin yang paket lengkap dengan hujan saljunya.

 

Ayahnya adalah seorang fotografer, ayahnya suka sekali memotret semua yang ada di sekitarnya. Bahkan dirumahnya penuh dengan foto foto Jordan dan Nicole.Akhirnya keinginan itu menjadi kenyataan. Bersama ayah mereka yang mendapat tugas dari sebuah majalah, mereka pergi ke Alaska.

 

Namun, niat Jordan dan Nicole hanya ingin melihat salju, tetapi mereka malah diburu oleh makhluk raksasa. Monster berbulu, dikenal sebagai si Manusia Salju yang Mengerikan.

 

Bagaimana petualangan kakak beradik ini? Apakah fakta dari sosok manusia salju yang selalu mengintai mereka?

 

Penutup

Bagaimana setelah membaca tiga sinopsis novel goosebumps? Tertarik untuk membaca? Atau masih maju mundur karena tahu novelnya tentang misteri? Bagi yang sudah baca judul lain, boleh kasih rekomendasi juga nih, buat bacaan selanjutnya!


Related Posts

20 comments

  1. Seru ini mengulik ketiga sinopsis novel goosebumps bikin aku penasaran untuk membaca tuntas ceritanya. Hm, sedikit maju mundur sih karena tahu novelnya tentang misteri hihihi

    ReplyDelete
  2. Beneran setalah baca review ketiga buku ini jadi pengen baca utuh deh kak apalagi ini salah genre yang aku suka..ala2 detektif gt meskipun ada horor nya tapi masih dalam batas normal kan ya kak hehe

    ReplyDelete
  3. Novel goosebumps bikin saya nostalgia. Masa SMP suka baca novel genre apa saja, yang penting ceritanya bikin penasaran. Novel. Misteri tuh lebih ke penasaran gtu ya, kadang dilema klo lanjut baca ada serem2nya, klo ga lanjut jadinya nanggung karena penasaran hehe... Tiga review novel di atas menarik nih untuk dibaca dan penasaran dengan ceritanya

    ReplyDelete
  4. Baca review novel goosebumps ini jadi berasa nostalgia. Dulu sempat baca beberapa novelnya karena tante ada yang suka koleksi novel ini

    ReplyDelete
  5. Aku inget masih sd, kakak2 aku koleksi novel ini.. dan nggak dijinin baca karena ternyata cerita misteri yaa... sayangnya buku-bukunya kena banjir.. belum keburu baca hehe

    ReplyDelete
  6. Aku absen Kak kalau bacaan horor, hehe.. hanya berani sampai baca di review nya saja. Bagus dan menyenangkan baca review dari Kakak.

    ReplyDelete
  7. Surprise surprise! Goosebumps RL Stine masih populer sampai sekarang ya? Ini buku dari zaman aku SMA lhoo. Dan saat itu jadi tren banget di temen-temen sekolah yang suka baca. Sampai dibikin versi seriesnya pada 1990-an gitu.

    ReplyDelete
  8. Wah perlu mikir nih baca novel misterimacam ini. Akan tetapi bagi yang memiliki rasa penasaran tinggi novel2 macam ini banyak diburu dan nagih. Aku pribadi lebih suka komedi.

    Hiks otakku tidak cukup bersahabat untuk mikir terlalu keras saat membaca

    ReplyDelete
  9. Wah...saya kurang update nih. Baru tahu mba ada novel misteri ini. Baca ketiga cuplikannya jadi penasaran ingin baca juga

    ReplyDelete
  10. Hehe masih maju mundur aku nih mbak, ceritanya koo berat, misteri gitu
    Sedang capek berpikir, jadi sepertinya aku skip dulu deh, cari teenlit aja sepertinya

    ReplyDelete
  11. Ya ampun ini novel zamanku SD lho >.< dlu sering minjem di perpustakaan, kalo ga salah bayarnya 1 buku masih 100-200 rupiah gitu deh wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Walaupun jarang banget baca novel bergenre fantasi, tapi dari sipnosisnya novel ini cukup seru mengingatkanku serial tv Stranger Things yang berkisah tentang remaja dan hal-hal ghaib aneh. Mungkin lain kali aku bisa baca/nonton Goosebumps.

    ReplyDelete
  13. jadi ingat waktu SMA aku juga baca novel R.L Stine ini tapi lebih banyak baca yang Fear Street sih ketimbang goosebumps

    ReplyDelete
  14. aku dulu kenapa ngga suka baca misteri ya? Mungkin karena aku sering di rumah sendirian hehehe. Tapi kalau sekarang sih oke saja. Jadddi penasaran membaca bukunya langsung

    ReplyDelete
  15. Seru juga ya ceritanya novel goosebumps ini, bikin penasaran untuk baca langsung bukunya. Anak-anak juga suka baca cerita kayak gini, bikin lebih semangat baca bukunya

    ReplyDelete
  16. Aku inget banget baca buku Goosebumps ini di rumah temen yang selalu update novel ini. Zaman MTs(SMP) kalau g salah. Masih inget juga nonton film teror boneka Slappy. jadi pengen baca bukunya lagi Kaaak

    ReplyDelete
  17. Saya pas keil bacaannya 5 sekawan itu. Kalau novel goosebump ini belum perah baca. Kudet banget saya.

    ReplyDelete
  18. Belum pernah baca novel goosebump, ternyata isinya horor ya. Penasaran sih mau baca tapi tidak suka dengan cerita horor hehe

    ReplyDelete
  19. Jaman smp dulu pernah beberapa kali, baca novel goosebump, cerita horor dengan latar luar negeri... memang seru sih dibanding baca cerita horor versi lokal lebih ngrri :(

    ReplyDelete
  20. seru sepertinya baca novel bergenre fantasi.
    Saya sendiri belum pernah membaca serial goosebump, cuma lihat filmnya
    jadi penasaran

    ReplyDelete

Post a Comment