Rekomendasi Novel Mira W

5 comments

 

Siapakah disini yang masa kecil atau remajanya suka ikutan menonton sinetron? Tahukah Sobat Jelajah Mia, di masa 1990 dan 2000an, hampir sebagian sinetron diangkat dari novel karya Mira W?

 

Saat ini Jelajah Mia mau kasih rekomendasi novel karya Mira W,  yang suka baca atau penasaran bagaimana kisahnya, mari merapat kesini!

 

Rekomendasi Novel Mira W



Masih dalam edisi memberikan rekomendasi bacaan setelah jelajah mia berhasil membaca buku yang lumayan banyak dibulan Juli. Kali ini mau bahas novel Mira W yang jelajah mia baca selama bulan Juli.

 

Sebelum membahas sinopsis novel Mira W,  sobat jelajah mia mau diajak dulu buat mengenal novel goosebumps dan penulisnya.

 

 

Kenal Lebih Dekat Dengan Mira W

Berdasarkan beberapa sumber yang Jelajah Mia baca, hingga dapat merangkum ke dalam biografi singkat dari Mira W. Mira lahir di Jakarta pada 13 September 1950, putri dari produser film Othniel Widjaja dan istrinya; ia adalah anak kelima dari lima bersaudara.

 

Saat masih SD, Mira sudah menunjukkan bakat menulisnya, ia sering mengirim karyanya ke majalah-majalah anak ternama.

 

Cerpen populer pertama Mira adalah "Benteng Kasih", yang dimuat di majalah Femina pada tahun 1975, saat itu ia masih kuliah kedokteran di Universitas Trisakti. Jadi tidak aneh bukan bila dalam kisahnya dominan kehidupan medis, sesuai dengan akademik penulisnya.

 

 

Cerita Awal Karya Mira W

Sedangkan novel pertamanya, Dokter Nona Friska, dimuat sebagai cerita bersambung di majalah Dewi pada tahun 1977, diikuti oleh novel keduanya, Sepolos Cinta Dini. Setahun kemudian, ia menerbitkan Cinta Tak Pernah Berhutang.

 

Setelah lulus dari Trisakti, Mira menjadi staf pengajar di Universitas Moestopo. Novelnya yang paling terkenal, Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, diterbitkan pada tahun 1980.

 

Ia terus menghasilkan karya, berkiblat pada penulis-penulis seperti Nh. Dini, Agatha Christie, Y. B. Mangunwijaya dan Harold Robbins. Mira, bersama dengan Marga T, dianggap sebagai pelopor penulis keturunan Tionghoa di Indonesia, menjadi inspirasi bagi penulis-penulis berikutnya seperti Clara Ng.

 

Hingga tahun 1995, Mira telah menerbitkan lebih dari 40 novel, kebanyakan di antaranya telah diangkat menjadi film dan sinetron,Sebagian karya Mira telah  diadaptasi ke layar lebar dan layar kaca yang dibintangi oleh aktor dan aktris terkemuka pada zamannya.

 

Setelah membaca biografi singkat tentang Mira W, mari intip 3 novel karya beliau.

 

Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Novel yang menceritakan tentang Maria, sosok anak remaja yang masuk di sekolah Katolik. Sang ayah sudah memberikan gadis itu pada Tuhan untuk menjadi seorang biarawati.

 

Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Ayahnya adalah seorang pastur yang menikahi biarawati. Saat melahirkan Maria, sang ibu wafat. Karena rasa bersalah, sang ayah pun berjanji menjadikan Maria seorang biarawati.

 

Awal masuk sekolah, gadis yang kuper dan tak tahu apa-apa itu menjadi bahan bullyan. Konflik bermula saat dia menjadi bintang dalam lomba basket, seorang lelaki bernama Guntur mendekatinya.

 

Layaknya cinta remaja, Guntur yang terkenal playboy dan bergonta-ganti pasangan itu terus berusaha menaklukkan Maria. Sampai ber skenario agar mendapat simpati Maria.

 

Maria akhirnya mengetahui kalau Guntur membuat skenario itu saat cinta di hatinya mulai bersemi. Namun, siapa sangka jika sang ayah mulai tahu semuanya dan murka. Bagaimana setelah sang Ayah tahu kalau Maria dekat dengan Guntur?

 

Sisi Gelap Cinta

Apa jadinya bila pernikahan sudah melewati usia 20 tahun? Usia 20 tahun tak jarang pernikahan mencapai titik jemu. Andien sadar betul hal tersebut. Oleh karena itu dia berusaha kembali menyalakan api cinta dengan suaminya.

 

Sisi Gelap Cinta

Sayang perayaan anniversary 20 tahun yang seharusnya bahagia berujung kecewa. .Satu per satu masalah muncul. Kecurigaannya terhadap Wibi, suaminya.

 

Kedatangan polisi yang menyatakan kemungkinan suaminya terlibat kasus pembunuhan. Cinta pertama Andien, Bimo, yang muncul lagi dalam hidupnya.

 

Masalah tidak berhenti di permasalahan suaminya saja tapi juga anaknya. Usaha Andien untuk mencari hiburan malah berakibat membahayakan nyawa Avila, anak bungsunya. Ari, anak sulungnya, tak bisa menerima hal tersebut.

 

Sanggupkah Andien jika ternyata harus kehilangan seluruh keluarganya dalam waktu sekejap? Penasaran dengan ceritanya?

 

Obsesi Sang Narsis

Aditya yang narsis dan terlalu sempurna tetapi terlalu terobsesi pada Perinia, istrinya. Dia selalu menganggap dirinya sempurna dan tidak pernah salah.

 

Obsesi Sang Narsis

Di lain sisi, Perinia istrinya yang sudah dinikahi selama 10 tahun mengalami psikosomatis akut. Bagaimana tidak akut bila selama menikah dijauhi berhubungan dengan keluarganya.

 

Bahkan dilarang bersosialisasi dengan teman-teman dekatnya karena dianggap tidak selevel dengan keluarga Guritnoko yang terkenal kaya dan berkuasa.

 

Perinia digugat cerai dengan alasan yang tidak berdasar. Perinia tidak peduli selama dia bisa kabur dari suami dan keluarga suaminya. Tapi Aditya yg sudah terobsesi, walau suda bercerai, tetap terus menerus mengejar Perinia kemanapun.

 

Mulailah orang-orang yang terdekat Perinia dibunuh atau dibuat menderita, termasuk Aditya, semua saksi mata lenyap. Sedemikian berkuasa dan berbahayakah keluarga Guritnoko ini? Ada rahasia apa dibalik semua ini?

 

Penutup

Bagaimana setelah membaca tiga sinopsis novel Mira W? Tertarik untuk membaca? Bagi yang sudah baca judul lain, boleh kasih rekomendasi juga nih, buat bacaan selanjutnya!


Newest Older

Related Posts

5 comments

  1. Aura jadulnya langsung berasa ya hehe. Jujurly aku masih asing sama namanya, padahal sudah banyak karyanya tapi satu pun nggak familiar, bener2 minim literasi aku astagaa. Kalo dari judulnya aku malah penasaran sama Obsesi Sang Narsis, bayanganku langsung ke NPD wkwk. Luar biasa ya berarti penulis Mira W ini, padahal kuliahnya kedokteran lo, masih sempat2nya nulis novel, sebanyak itu pula...

    ReplyDelete
  2. Karya Mira W ininbenar-benar fenomenal di era 1990an juga. Banyak film atau sinetron diangkat dari karya-karya Mira W. Aktor dan aktrisnya pun juga ga main-main yang memainkan. Kalau ga salah ada Paramita Rusadi juga dll.

    ReplyDelete
  3. Aku mulai baca novel Mira W pas SMP haha
    Soalnya ada kegiatan literasi di perpustakaan
    Gak sengaja ambil buku itu
    Dan eh ternyata banyak "bahasa tinggi"

    ReplyDelete
  4. Mira W ini sejak zamanku SD udah best seller lhoo, kalo anak sekarang kenal ngga ya sama Mira W ini? soalnya novelnya bagus2, ngga ngebosenin meskipun romance

    ReplyDelete
  5. Wah aku kenal Mira W ini pas SMA di perpus ada novel2 Kira W dan Agatha Cristy. Emang menarik sekali sih baca buku fiksi kala itu hiburan. Meski sebenarnya ada yg sudah disinetronkan tapi aku lebih suka baca novelnya

    ReplyDelete

Post a Comment