Dampak Ketidakpastian pada Kesehatan Mental

Post a Comment

 

Ketidakpastian adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari. Kondisi ini sering kali memicu stres dan kecemasan yang berkelanjutan, terutama ketika kita menghadapi situasi di luar kendali, seperti pandemi, krisis ekonomi, atau perubahan hidup yang drastis, diluar rencana dan tidak terduga

 

Dampak Ketidakpastian pada Kesehatan Mental

10 Oktober yang lalu baru kita peringati Hari Kesehatan Mental sedunia. Kesehatan mental yang terjaga sangat penting untuk memastikan kita dapat bertahan dan beradaptasi dengan situasi yang tidak pasti.

 

Beberapa waktu kebelakang Jelajah Mia pernah membahas self love, self esteem, self award dan banyak pula artikel lainnya.  Saat ini Jelajah Mia akan membahas bagaimana ketidakpastian mempengaruhi kesehatan mental, apa saja? Mari simak hingga akhir!

 

Apa itu Ketidakpastian

Kesehatan mental adalah isu yang banyak dibahas akhir-akhir ini, terutama setelah ditemukan banyaknya kasus gangguan kesehatan mental yang terjadi di kalangan orang-orang berusia muda. Bahkan dijadikan tren untuk di-posting di sosial media.

 

Di zaman sekarang, gangguan kesehatan mental bisa terjadi pada siapa saja, terutama orang yang sulit beradaptasi dengan perubahan. Bahkan disaat kita merasa baik-baik saja, ternyata secara psikis perlu mendapat perhatian khusus.   

 

Walau tidak mengakibatkan kematian secara langsung, gangguan kesehatan mental bisa menyebabkan penderitaan berkepanjangan, baik bagi penderita, keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Apa lagi bila dalam kondisi ketidakpastian. 

 

Ketidakpastian adalah keadaan di mana pengetahuan yang dimiliki tidak lengkap atau tidak sempurna, sehingga menimbulkan keraguan. Ketidakpastian adalah suatu kondisi keraguan yang terbentuk karena adanya kekurangan informasi (pemahaman/pengetahuan, kejadian, konsekuensi, atau kemungkinan-kejadian) atas keputusan dan aksi individu/organisasi saat ini terhadap tujuan yang ingin dicapai pada masa depan.

 

Ketidakpastian yang dihadapi oleh individu/organisasi ini, tentunya akan menghasilkan efek atau penyimpangan kejadian dari yang seharusnya terjadi sesuai sasaran individu/organisasi tersebut, yang umumnya disebut dengan risiko.

 

Dampak Ketidakpastian Terhadap Kesehatan Mental

Ketidakpastian dapat mempengaruhi kesehatan mental secara signifikan. Beberapa dampak umum ketidakpastian terhadap kesehatan mental antara lain:

 

Kecemasan Berlebih

Ketidakpastian dapat membuat seseorang merasa kehilangan kendali atas situasi. Ini dapat memicu rasa takut yang terus-menerus terkait hal-hal yang tidak diketahui.

 

Stres

Ketidakpastian membuat seseorang merasa tegang sepanjang waktu. Stres yang kronis ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

 

Gangguan Tidur

Kekhawatiran tentang masa depan atau situasi yang tidak pasti sering kali mengganggu pola tidur, yang kemudian berdampak pada kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

 

Kehilangan Motivasi

Rasa putus asa karena tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan dapat mengurangi motivasi dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Tips Mengelola Stres dan Kecemasan

Meskipun ketidakpastian tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, ada beberapa strategi yang dapat membantu mengelola stres dan kecemasan agar tidak berdampak negatif pada kesehatan mental:

 

1. Fokus pada Hal-Hal yang Dapat Dikendalikan

Menghadapi ketidakpastian, penting untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang dapat kita kendalikan.Tidak perlu memaksakan diri apabila kita tidak dapat melakukan dibatas ketidakmampuan.

 

Fokus pada rutinitas harian, menjaga kebersihan diri, dan menjalani aktivitas yang membuat kita produktif akan memberikan rasa kendali dan mengurangi stres.

 

2. Relaksasi

Refleksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memikirkan kembali pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Refleksi juga dapat diartikan sebagai tanggapan mendalam dan kritis seseorang terhadap pengalamannya sendiri

 

Apalagi melakukan refleksi dengan kondisi seperti meditasi dan pernapasan dalam, dapat membantu seseorang untuk tetap tenang dan terfokus pada saat ini. Refleksi ini menurunkan gejala stres dan kecemasan.

 

3. Batasi Paparan Berita Negatif

Terlalu sering terpapar berita negatif dapat memperburuk kecemasan. Batasi waktu yang dihabiskan untuk menonton atau membaca berita dan pilih sumber informasi yang terpercaya.

 

Selain itu, beri jeda waktu tanpa akses berita untuk memberi ruang istirahat bagi pikiran. Ketika kondisi secara tidak langsung membaca dan mendengar berita negatif, baiknya skip dan lupakan.

 

4. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Meskipun menghadapi ketidakpastian dapat membuat seseorang merasa terisolasi, tetap menjalin hubungan dengan teman, keluarga, atau lingkaran yang mendukung.

 

Hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa cemas. Komunikasi yang terbuka dan berbagi perasaan dengan orang terdekat dapat meringankan beban mental.

 

5. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga mental. Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

 

Olahraga tidak melulu yang memberatkan secara finansial.  Olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa menjadi pilihan. Olahrga menjadi cara bahagia sederhana juga

 

6. Pola Makan Sehat

Makanan yang kaya akan nutrisi penting dapat membantu menjaga keseimbangan suasana hati dan mengurangi gejala kecemasan. Konon bila perut sudah terisi, suasana hati akan aman dan tentram

 

Sebaliknya, menghindari konsumsi alkohol, kafein berlebihan, dan makanan tinggi gula dapat mengurangi gejala stres dan cemas.

 

7. Cari Bantuan Profesional

Jika stres dan kecemasan semakin parah dan sulit untuk dikelola, jangan ragu untuk mencari bantuan professional yang terbukti efektif dalam membantu individu mengatasi kecemasan.

 

Kesimpulan

Ketidakpastian memang dapat menjadi pemicu stres dan kecemasan yang signifikan, namun dengan menerapkan strategi yang tepat, kita dapat mengelola dampaknya terhadap kesehatan mental.

 

Fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, menjaga hubungan sosial, berolahraga, dan refleksi adalah beberapa cara yang efektif untuk menghadapi ketidakpastian. Jika diperlukan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari tenaga profesional untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut.

 

 


Newest Older

Related Posts

Post a Comment