Manfaat Tantangan Membaca

13 comments

 

Banyak orang membatasi diri mereka untuk melakukan hal yang menantang, karena berpikir tidak akan pernah bisa melakukannya.

 

Padahal dengan menantang diri melakukan hal yang berbeda dan bahkan tidak kita suka, akan membuat kita menguasai banyak hal yang tidak kita ketahui ternyata kita punya bakat terpendam.

 

Tidak hanya itu saja, sebab akan ada beberapa manfaat yang didapatkan saat kita mampu melakukan hal-hal yang menantang dan tidak terpikirkan sebelumnya. 


Sebelumnya Jelajah Mia pernah membahas tentang cara mengatasi reading slump , di salah satunya adalah tentang tantangan membaca. Apa sih tantangan membaca dan manfaat yang kita dapatkan? Mari kita simak pembahasan selengkapnya hingga akhir!

 

Manfaat Tantangan Membaca

Tantangan Membaca

Tantangan membaca sebenarnya adalah sebuah upaya untuk mengajak pembaca untuk mencintai kegiatan membaca. Ini adalah sebuah upaya untuk menginspirasi siswa untuk menyukai kegiatan membaca.

 

Jadi ‘Tantangan Membaca” sebenarnya adalah sebuah upaya untuk mendorong diri sendiri atau orang lain untuk membaca sebanyak jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu.

 

Salah satu tantangan yang Jelajah Mia ikuti yaitu ikutan tantangan rco di komunitasODOP. Tantangan pekan terakhir yaitu membaca buku genre yang tidak disukai. Sungguh tema tantangan sekali bukan? Kita diajak untuk melawan zona kenyamanan kita saat membaca.

 

Membaca Buku Yang Tidak Disukai

Apa genre bacaan yang sobat Jelajah Mia tidak suka? Kalau Jelajah Mia pada dasarnya tidak secara spesifik tidak suka pada satu genre. Tapi kecenderungan, ketika sedang suka romance, bacanya romance terus, nanti kalau lagi suka misteri, baca terus buku tema misteri.

 

Saat melewati tantangan ini, Jelajah Mia akhirnya memutuskan membaca buku yang menjadi TBR. Hayo sobat Jelajah Mia seberapa banyak punya TBR? Genre buku yang agak lumayan jarang dibaca oleh Jelajah Mia yaitu genre fantasi. 

Novel Peter Pan


Untuk pemanasan dalam membaca, Jelajah Mia baca dulu buku komedi berjudul 3 koplak mengejar cinta, buku yang Jelajah Mia beli tahun 2022. Setelah tamat, akhirnya mencoba membaca dua buku fantasi yaitu Aerial dan Peter Pan. Nanti review lengkapnya akan Jelajah Mia post di instagram, ya, yuhuuuu.


Buku yang kita tidak suka itu bukan tidak bagus tapi kita bukan segmentasi pembacanya. Melawan ketidaknyamanannya yang kita memiliki berarti kita sudah bisa melewati tantangan. Manfaat yang didapatkan saat melakukan hal yang tidak terpikirkan. Lalu apa manfaat lainnya saat mengikuti tantangan membaca

 

Manfaat Tantangan Membaca

1. Membentuk Sikap Positif

Saat seseorang menantang diri mereka sendiri, maka mereka akan berjuang melawan rasa takut yang menghadang.

 

Namun, saat tantangan di depan mata berhasil dikalahkan dan mendapatkan apa yang diinginkan akan ada perubahan sikap di dalam diri. Tantangan yang berhasil dikalahkan akan membentuk sikap positif di dalam diri kita.

 

2. Keyakinan yang Lebih Baik

Tidak semua orang dilahirkan dengan kepercayaan diri yang baik dan inilah sebab mengapa keahlian ini perlu dilatih dan terus diperbaiki.

 

Kepercayaan diri bisa dilatih dengan mengambil sebuah tugas yang terlihat menakutkan bagi kebanyakan orang dan diri sendiri tidak yakin bisa melakukannya.

 

Saat berani mengambil tindakan yang menakutkan, maka kita akan mulai membentuk sikap percaya dengan diri sendiri dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

3. Menumbuhkan Sikap Semangat

Saat mampu mencapai sesuatu yang sulit dan menakutkan, maka akan muncul sikap semangat dalam melakukan kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

 

Sikap semangat tersebut bisa datang karena keberhasilan yang didapatkan akan membuat seseorang merasa gembira dan bersemangat.

 

4. Keberanian

Bersikap tenang dan berkepala dingin saat sedang terjadi krisis dan kekacauan akan membuat seseorang mampu menumbuhkan sikap berani di dalam diri.

 

Saat kita mampu melakukan sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya, maka rasa takut akan hilang dan digantikan dengan keberanian yang tumbuh.

 

5. Menumbuhkan Motivasi

Saat motivasi mulai terbentuk, maka hal ini akan menjadi bahan bakar yang membuat kita tidak bisa dihentikan atau digagalkan oleh siapa saja.

 

Motivasi bisa didapatkan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan keberhasilan melakukan tantangan dan kesulitan yang ada di depan mata.

 

Penutup

Bagaimana jika tantangan yang ada di depan mata terlihat sangat sulit untuk dikalahkan?


Related Posts

13 comments

  1. benar kak, makda diri sendiri buat baca itu bagus bgt buat diri sendiri. apalagi kalau TBR udah numpuk wkwk

    ReplyDelete
  2. Kalo ngomongin soal buku keliatannya gak ada genre khusu yang aku hindari sepertinya kecuali horor yaa hehe..horor nya yang bener2 cerita mistis gt sptnya aku hindari karena takut kebawa gt mbaa..klo cerita horor tapi yang semacam cerita detektif gt aku masih okee siee hehe..
    Btw jadi tertarik juga sama komunitas ODOP nyaa :)

    ReplyDelete
  3. Saya pribadi sebenarnya gak punya bacaan tertentu yang saya hindari. Tapi memang kadang membaca itu tergantung mood. Kalau sedang mood membaca cerita yang penuh drama, biasanya langsung terus cari yang temanya seperti itu. Jadi saat harus diseling dengan tema lain, biasanya memang jadi agak menantang ya kak.

    ReplyDelete
  4. Mau ikut komunitas tantangan membaca biar semangat membaca .. Masya Allah PR besar emak sampai hari ini

    ReplyDelete
  5. Jangan tanya TBR mba....duh numpuuuukkk soalnya kecepatan antara membeli dan membaca apalagi mereviewnya jomplang banget. Karena saya tuh orangnya gampang banget tergoda kalau melihat ada buku baru lewat di timeline media sosial. Pokoknya beli aja dulu bacanya mah gampang wkwkwk, Kalau genre saya tidak secara spesifik menyukai atau tidak menyukainya mba.

    ReplyDelete
  6. Jadi malu nih diingatkan untuk membaca. Akhir-akhir ini memang malas membaca sih, enakan drakoran dan scroll medsos. Padahal membaca justru untuk menambah wawasan dan memperkaya isi blog. Trims remindernya Teh...

    ReplyDelete
  7. aku tiap tahun ada sih bikin tantangan membaca sekian buku selama 1 tahun. tapi tahun ini fix reading challenge ku gagal karena baru tercapai separuh huhu

    ReplyDelete
  8. Ini beneran tantangan yang sesungguhnya...membaca buku genre yang tidak disukai. Kalau saya bukan genre tertentu yang enggak suka, lebih ke siapa penulisnya. Jadi kalau dah satu karya penulis dan itu enggak banget ya sudah enggan baca karya lainnya...duh padahal ga bagus ya..huhuhu

    ReplyDelete
  9. Wah, asik banget ikut tantangan membaca seperti ini
    Jadi termotivasi untuk terus membaca ya mbak
    Aku jadi pengen ikutan deh

    ReplyDelete
  10. Boleh nih tantangan membaca buaku. Sekarang ini aku emang lagi fase jarang membaca buku. Apalagi beberapa novel yang aku beli belum aku baca sama sekali padahal aku suka banget dengan bukunya.

    ReplyDelete
  11. Sejauh ini aku batu ikut tantangan membaca nyaring buku anak. Kalau tantangan membaca untuk dewasa belum pernah ikutan nih. Paling menantang diri sendiri 😁

    ReplyDelete
  12. Memang sih kalau gak ada tantangan kadang jadi mager banget mau baca buku.. Ampuni diri ini ya Allah

    ReplyDelete
  13. Kereen ka Miaa..
    Kalau tantangan membaca aja uda kerasa berat, apalagi tantangan membaca untuk genre yang kurang dipilih. Aku juga rada berat memulai genre misteri. Apalagi butuh terjemahan. Tapi pingin coba merasakan adrenalin terpacu melalui narasi sang penulis. Pasti serruuu..

    ReplyDelete

Post a Comment